PENGUJIAN KINERJA HARDDISK

Posted: Januari 1, 2010 in Uncategorized

PENGUJIAN KINERJA HARDDISK

HARDDISK

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang mengetahui kinerja harddisk SATA dengan rpm 5400. Sebenarnya banyak jenis RPM pada harddisk dari mulai 3600, 4200, 4500, 4900, 5200, 5400, 7200, 10000, 12000, 15000. Pengertian harddisk itu sendiri sebagai media penyimpanan sekunder yang berupa data dan disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar. RPM(Rotation Per Second) ini mempengaruhi kecepatan putar pada harddisk. Saya telah melakukan pengujian tentang harddisk 5400 RPM dengan latency rata-rata 5,6 ms.

PROSES READ/WRITE PADA HARDDISK

Salah satu sistem operasa mencoba mengirimkan data pada harddrive untuk direkam kemudian pada drive ini melakukan proses dan menggunakan sebuah formula yang cukup kompleks lalu menambahkan sebuah bit ekstra lalu disimpan dengan data. Bit ini tidak memakan tempat. Dilain kesempatan saat data akan diambil, bit ini memungkinkan drive untuk mendeteksi dan mengkoreksi kesalahan acak yang disebabkan oleh variasi dari medan magnet di dalam drive. Untuk menggerakan head drive tersebut memerlukan track yang sesuai dengan platter. yang disebut dengan “seek time” yaitu waktu untuk menggerakan head tersebut. Ketika berada tepat diatas track yang benar, drive menunggu hingga platter berputar sampai sector yang diharapkan berada di bawah head. Dari proses drive tersebut,jumlah waktunya disebut dengan drive latency. Semakin pendek waktu tersebut, semakin cepat drive menyelesaikan pekerjaannya. Ketika komponen elektronik drive menentukan sebuah head berada tepat di atas sector dan mulai bekerja untuk menulis data, untuk mengirimkan pulsa elektrik pada head. Permukaan magnetik pada platter dapat berubah disebabkan oleh pulsa yang dihasilkan oleh medan magnet tersebut. variasi yang terekam ini telah disebut sebuah data. Membaca data akan memerlukan beberapa proses perekaman dimana drive tersebut harus memposisikan bagian pembaca dari head tepat di atas track, dan kemudian menunggu sector untuk berputar diatasnya. Setelah itu spektrum magnetik yang mewakili data pada sector dan track yag tepat berada di atas head pembaca, komponen elektronik drive mendeteksi sedikit perubahan pada medan magnetik dan dapat mengubahnya menjadi bit.drive akan mengecek apakah terdapat error pada bit,jika ada maka akan dibetulkannya. Kemudian data tersebut dikirimkan pada sistem operasi. Track yaitu suatu bagian dari sepanjang keliling lingkaran dari luar sampai ke dalam. sector ini yaitu bagian dari track karena sector memiliki jumlah bit yang telah diatur.

PENGUJIAN HARDDISK

Harddisk yang saya gunakan ini yaitu Hitachi HTS543216L9A300 dengan capasitas 160 GB. Harddisk ini dipakai juga oleh beberapa notebook.

Hitachi HTS543216L9A300

Pada pengujian kinerja harddisk ini saya menggunakan software yang mendukung untuk menguji kinerja harddisk seperti HDD tune pro, Hdtach, Sisoftsandra, dll. Tetapi pada pengujian harddisk ini saya menggunakan HDD tune pro.

Pada Pengetesan kinerja harddisk READ Hitachi HTS543216L9A300 :

Pengujian harddisk read

Dari hasil pengujian kinerja harddisk ini diketahui :

  1. Transfer date :
  • Minimum 6.2 MB/sec
  • Maximum 66.7 MB/sec
  • Average 45.3 MB/sec
  1. Access time :
  • 22.2 ms
  • 76.8 MB/sec
  • 18.3%

Jika anda ingin mengetes kinerja harddisk write, anda hanya mengubah pilihan read menjadi write lalu start. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan untuk menguji kinerja harddisk write tersebut. Karena jika ingin menguji kinerja harddisk write, anda harus meremove terlebih dahulu partisi yang ada dalam harddisk. Karena syarat pengujian ini yaitu harus tidak terpartisi dan hanya ada 1 harddisk yang digunakan. Jika anda meng-klik start untuk pilihan write maka akan timbul tampilan seperti ini.

error tes write

Maka sudah dipastikan anda harus meremove terlebih dahulu partisi dalam harddisk.

Kemudian ini adalah tampilan jika anda melakukan scan terhadap error pada harddisk. Jika terdapat error pada harddisk maka terdapat beberapa kotak yang berwarna merah dan scan melambat.

scan error

Gambar selanjutnya yaitu perbandingan antara pengujian read nd write :

perbandingan

Pada tampilan ini terdapat perbandingan antara kinerja harddisk read nd write, tetapi ini kurang akurat karna hanya membandingkan secara maximumnya saja dan dilakukan secara berbarengan. Pada tes inipun dilihat dari lamanya waktu berjalan.

Untuk pengujian random accesnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

random access

Pada tampilan ini dapat terlihat pengujian harddisk,transfer size dari mulai 512 bytes, 4 KB, 64 KB, 1MB dan random. Dalam posisi tertentu  operation/sec berbeda-beda, tetapi memang tidak jauh berbeda.  Avg. Access Time dan agv. Speed juga mengalami hal yang sama berbeda-beda tergantung pada posisi transfer sizenya.

Ini adalah pengujian harddisk yang saya lakukan, ada berbagai cara untuk menguji harddisk anda. Bukan berarti banyak harddisk yang belum canggih tetapi mungkin mempunyai kelebihan tersendiri dan banyak hal lain yang mendukung agar komputer anda menjadi lebih cepat. Selamat menguji harddisk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s