HUBUNGAN KERJA

Posted: April 20, 2010 in Uncategorized

Hubungan kerja terjadi karena adanya perjanjian kerja antara majikan dengan pekerja atau buruh itu sendiri, perjanjian tersebut biasanya dalam bentuk tertulis. Seperti perjanjian yang bersipat privat yaitu segala hal yang terkait dengan kesepakatan kerja antara majikan dan buruh yang diserahkan diantara kedua belah pihak. Artinya adalah ketentuan yang mengatur hubungan kerja yang didasarkan oleh kesepakatan majikan dengan buruh itu sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak ketiga.

Dasar dari perjanjian kerja itu sendiri yang berkaitan dengan hungan kerja adalah kesepakatan anatara pemberi kerja (majikan) dengan pihak pekerja (buruh), kecakapan didalam melakukan perbuatan hukum yang berarti kedua belah pihak sama-sama mengetahui landasan dasar hukum dari perjanjian kerja tersebut, adanya pekerjaan yang telah dijanjikan dari pihak pemberi kerja kepada pekerja itu sendiri dan pekerjaan yang diberikan tersebut tidak melanggar UU, ketertiban umum serta melanggar kesusilaan.

Semua dasar dari perjanjian hubungan kerja yang bersipat tertulis tersebut dapat ditambahkan dengan perjanjian kerja yang tidak tertulis, hal tersebut dapat disesuaikan dan dibicarakan diantara kedua belah pihak yang telah melakukan perjanjian kerja dengan melihat kondisi dan situasi dari pekerjaan itu sendiri.

sumber : http://irwan79.wordpress.com/2010/03/24/hubungan-kerja/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s